Ribuan Masyarakat Pawai Ta’aruf dan Pembukaan MTQ ke 54 di Aek Tarum-Bandar Pulau

Ribuan Masyarakat Pawai Ta'aruf dan Pembukaan mtq ke 54

topmetro.news Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 54 tingkat Kabupaten Asahan berlangsung  di Lapangan Sepak Bola Dusun I Desa Perkebunan Aek Tarum Kecamatan Bandar Pulau dibuka Bupati Asahan H Surya BSc, Selasa (28/2/2023).

Sebelum pembukaan, dilakukan pawai ta’aruf yang diikuti kafilah dari 25 Kecamatan, Bupati/Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kajari, Sekda, Dandim 0208, Danlanal, Kapolres, Asisten, General Maneger Field PT Bridgestone Sumatera Rubber Estate OPD, Kakankemenag, Camat, Forkopincam, Lurah, Kades, Kepling, Kadus, LPM, ASN, Ketua PKK, Ketua LPTQ, Ketua Imtaq, Ketua MUI dan ribuan masyarakat.

Ketua panitia Buwono Prawana SIP MSi menyampaikan MTQ berlangsung tanggal 28 Februari hingga 5 Maret 2023. Dengan jumlah peserta 940 orang (473 putra dan 467 putri).

Selanjutnya Buwono menyampaikan, cabang yang dipertandingkan yakni Cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Hifzil Hadist, Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an. Lalu Qira’ah Sab’ah Mujawwad, Qira’ah Sab’ah Murottal dan Karta Tulis Al-Qur’an. Peserta terbaik akan mendapat piagam, trophy dan uang tunai.

General Maneger Field PT. Bridgestone Sumatera Rubber Estate Ir H Gatot Andrianto mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah mempercayakan PT Bridgestone menjadi lokasi berlangsungnya MTQ. Ini merupakan kebanggaan bagi kami, dapat membantu Pemkab Asahan mensukseskan program kerjanya.

Ketua DPRD Asahan H Baharuddin Harahap SH MH mengatakan MTQ merupakan agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Namun jangan anggap sebagai sebuah tradisi tanpa ada pesan Dakwah Islam di dalamnya. Jadikan MTQ ini sebagai pondasi generasi muda yang peduli, kreatif dan senantiasa melakukan perubahan kearah kebaikan. Serta mewujudkan cita cita sebagai generasi yang berkualitas.

Raih Juara

Sebelum menyampaikan pidato, Bupati dan Wabup Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi memberikan penali kasih kepada Muhammad Daud Sitorus yang berhasil meraih Juara II MTQ Nasional Cabang Tilawah Golongan Remaja Putra tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar Rp 75 juta serta kepada Naura Muthia Khasyi Marpaung dan Suhaila Rahmi yang berhasil Juara III Nasional Fahmil Qur’an putri tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar Rp 50 juta.

H Surya dalam sambutannya mengatakan dari tahun ke tahun kualitas peserta MTQ semakin meningkat. Baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan yang lainnya, walau belum maksimal sepenuhnya.

“Saya berharap penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri,” tuturnya.

H Surya berharap kepada qari, qori’ah, hafidz, hafizhah dan penggiat Al-qur’an lainnya untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur’ani dalam mengasah kemampuan. Sehingga bukan hanya dari segi kuantitas, tapi dapat di perhitungkan dari segi kemampuan dan kualitas.

Ia berharap kepada peserta dapat menampilkan kemampuan terbaik. Sehingga menghasilkan qari, qari’ah, hafidz dan hafidzah terbaik yang menjadi duta Asahan pada tingkat Provinsi dan Nasional. Kepada dewan hakim, sesuaikanlah penilaian pemenang dengan ketentuan yang berlaku.

Di akhir sambutannya, H Surya mengucapkan terima kasih kepada Muhammad Daud Sitorus, Naura Muthia Khasyi Marpaung dan Suhaila Rahmi. Karena telah berhasil mengharumkan nama Asahan di kancah Nasional.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment